Cara Pengecekan Apakah Anda Penerima BSU

BSU (Bantuan Subsidi Upah)

Cara cek apakah kita penerima BSU sekarang menjadi berita yang ramai karena semakin banyak orang-orang terdekat, atau teman kerja membahas BSU tersebut. akhirnya, cara pengecekan penerima BSU menjadi topik yang banyak orang cari

BSU (Bantuan Subsidi Upah) adalah Bantuan Pemerintah berupa subsidi Gaji/Upah bagi Pekerja/Buruh bertujuan untuk melindungi, mempertahankan dan meningkatkan kemampuan ekonomi pekerja/buruh dalam penanganan dampak Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Penyaluran bantuan subsidi tahun ini diberikan kepada pekerja/buruh sebesar Rp 500.000,-/bulan selama dua bulan, yang akan diberikan sekaligus sebesar Rp 1.000.000,-

Syarat Penerima BSU

Ada beberapa syarat jika ingin ditetapkan sebagai penerima BSU, beberapa sayaratnya adalah

READ THIS  Standar Internasional Ukuran Kertas

Untuk lebih lengkap mengenai syarat dan lainnya di link ini.

Langkah Pengecekan Penerima BSU

Cara Cek Apakah Menerima BSU di KEMNAKER

Langkah pengecekan apakah kita penerima BSU di web kemenaker adalah dengan cara sebagai berikut:

  1. Kunjungi website bsu.kemnaker.go.id
  2. Daftar Akun, Apabila belum memiliki akun, maka Anda harus melakukan pendaftaran. Lengkapi pendaftaran akun. Aktivasi akun dengan menggunakan kode OTP yang akan dikirimkan ke nomor handphone Anda.
  3. Masuk, Login kedalam akun anda.
  4. Lengkapi Profil, Lengkapi profil biodata diri Anda berupa foto profil, tentang Anda, status pernikahan dan tipe lokasi.
  5. Cek Pemberitahuan, Setelah itu, Anda akan mendapatkan notifikasi pada halaman profil anda.

Notifikasi

Notifikasinya yang muncul ada beberapa, yaitu:

Terdaftar Anda akan mendapatkan notifikasi apabila telah terdaftar sebagai calon penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) sesuai dengan tahapan penyerahan data calon penerima BSU dari BPJS Ketenagakerjaan kepada Kementerian Ketenagakerjaan.

READ THIS  Install Driver Printer Kasir PANDA PRJ-80US

Tidak Terdaftar Anda akan mendapatkan notifikasi tidak terdaftar sebagai calon penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU), apabila Anda tidak memenuhi persyaratan sebagai penerima BSU sesuai dengan Permenaker Nomor 16 Tahun 2021

Anda juga akan mendapatkan notifikasi yang sama, apabila Anda memenuhi persyaratan sesuai dengan Permenaker Nomor 16 Tahun 2021 namun data Anda belum masuk dalam tahapan penyerahan data calon penerima BSU dari BPJS Ketenagakerjaan kepada Kementerian Ketenagakerjaan.

Data calon penerima Bantuan Subsidi Gaji/Upah berasal dari BPJS Ketenagakerjaan. Lebih lanjut mengenai informasi kriteria, mekanisme dan tata cara BSU 2021 dapat dilihat pada Permenaker Nomor 16 Tahun 2021

Cara Cek Apakah Menerima BSU di BPJSKetenagakerjaan

Langkah pengecekan apakah kita penerima BSU di web BPJSKetenagakerjaan adalah dengan cara sebagai berikut:

  1. Kunjungi website bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id
  2. Scroll kebawah, pada bagian Cek Apakah Kamu Termasuk Calon Penerima BSU?
  3. Isikan NIK, Nama Lengkap, Tanggal lahir, dan centang i’m not a robot.
  4. Kemudian tekan LANJUTKAN
  5. Akan Terlihat status validasinya apak terdaftar atau tidak
READ THIS  KB5006670 Printing Error Membuat Windows Bermasalah Lagi

Bank Penyalur

Jika Anda memiliki rekening Bank Himbara (BRI, BNI, Mandiri, BTN) atau Bank Syariah Indonesia (khusus wilayah Aceh), maka dana BSU 2021 akan langsung ditransfer ke rekening Anda.

Jika Anda belum memiliki rekening Himbara (BRI, BNI, Mandiri, BTN) atau Bank Syariah Indonesia (khusus wilayah Aceh), maka Anda akan dibuatkan rekening kolektif oleh Kemnaker yang bekerja sama dengan pihak bank dan perusahaan tempat Anda bekerja.

Untuk pembahasan lain ada di link ini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.