Error Pada Printer Epson dan Solusinya

Printer epson merupakan salah satu merk printer yang banyak digunakan pelanggan di indonesia. Banyak masalah dan error pada printer epson ditemukan, tapi selalu ada solusinya. Misal printer epson L220 tidak keluar tinta, lampu indikator kertas dan lampu indikator tinta blink bergantian dll.

Disini kita akan membahas beberapa masalah atau error yang muncul pada printer Epson

Error Pada Printer Epson L220 Tidak Keluar Tinta

Untuk masalah printer epson L220 tidak keluar tinta biasanya dikarenakan tinta sudah habis namun tidak segera di isi ulang tinta, sehingga mengakibatkan udara masuk kedalam selang tinta.

READ THIS  Cara Claim Garansi Produk Laptop Lenovo

Sebenarnya error ini tidak hanya terjadi pada tipe Epson L220, tapi juga bisa terjadi pada tipe lain. Misal Epson L3110, Epson L360, Epson M100, dan tipe epson lainnya.

segitiga merah

Mengatasi masalah printer epson L220 tidak muncul tinta saat ngeprint adalah dengan tekan dan tahan tombol segitiga merah pada depan printer hingga lampu tombol power berkedip. Tunggu sampai tombol power tidak lagi berkedip, kemudian coba print kembali.

Printer Epson Lampu Tinta dan Kertas blinking bergantian

Error dengan indikator lampu tinta dan lampu kertas printer epson L220 berkedip atau blinking bergantian, maka terindikasi kalau ink pad atau busa pembuangan tinta sudah penuh. Biasanya diikuti dengan muncul notifikasi pada windows. Notifikasinya adalah “A printer’s ink pad is at the end of its service life. Please contact Epson Support”

READ THIS  Mengatasi DIVI Builder Hanya Loading Terus-menerus karena Cloudflare
Error Pada Printer Epson

Sebenarnya error ini tidak hanya terjadi pada tipe Epson L220, tapi juga bisa terjadi pada tipe lain. Misal Epson L3110, Epson L360, Epson M100, dan tipe epson lainnya.

Cara mengatasi error Lampu tinta dan kerta blinking bergantian. atau error A printer’s ink pad is at the end of its service life. Please contact Epson Support, adalah dengan reset counter inkpadnya menggunakan resetter epson yang sesuai.

Untuk download resetter Epson L220 bisa klik link dibawah ini.

READ THIS  Cara Aktivasi Windows 10 Menggunakan Command Prompt

Download dari link diatas, kemudian di extract menggunakan WinRAR atau program sejenis. Untuk cara Extract file bisa di baca disini.

  1. Buka folder hasil extract
  2. klik kanan pada file Epson Adjustment.exe pilih Run as Administrator
  3. Tekan tombol SELECT, kemudian pilih tipe printernya dan port yang digunaka
  4. Tekan tombol Particular Adjusment Mode
  5. Pada Section Maintenance, pilih Waste ink pad Counter lalu tekan OK
  6. Centang pada Mainpad Counter, lalu tekan CHECK
  7. Centang pada Mainpad Counter, lalu tekan Initialize. Ikuti perintah pada layar.
  8. Jika sudah berhasil, maka pada mainpad Counter akan tereset menjadi 0 kembali. lalu Finish.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.